Bagi para pelaku bisnis mengembangkan suatu usaha adalah hal yang paling penting untuk membuat bisnis mereka tetap tumbuh dan berkembang.
Akan tetapi, tidak banyak dari para pelaku bisnis yang benar-benar menyadari akan pertumbuhan teknologi sebagai media pemasaran yang tepat.
Dari sekian banyak populasi pelaku bisnis, hanya segelintir orang yang mulai mengintegrasikan bisnis mereka di dalam dunia internet.
Cara yang dilakukan sangatlah beragam, ada yang membuat sosial media bisnis mereka, ada juga yang membuat website sebagai media informasi bisnis mereka.
Sebenarnya yang terjadi, dari semua hal yang diatas sangatlah penting dan berpengaruh, baik sosial media bisnis ataupun website bisnis itu sendiri.
Apakah produk dan jasa dapat dipasarkan secara digital?
Tentu, sebenarnya tidak hanya produk atau jasa, hampir semua jenis kategori dapat dipasarkan secara digital jika pemilik bisnis tersebut ingin mendapatkan calon konsumen lebih banyak.
Dengan digital, maka produk atau jasa dapat dilihat dan ditemukan oleh banyak calon konsumen melalui internet, seperti pada platform sosial media, ataupun mesin pencarian google.
Media yang digunakan juga beragam, seperti yang sudah disampaikan pada artikel diatas. Bahwa sosial media bisnis dan website bisnis sangatlah penting untuk menjangkau calon konsumen lebih luas.
Biasanya para pelaku bisnis yang sudah memiliki hal diatas, mereka akan melakukan scale up bisnis dengan cara beriklan.
Dengan beriklan maka informasi bisnis mereka akan lebih mudah ditemukan oleh banyak orang melalui platform iklan yang digunakan, seperti Facebook, Instagram, TikTok, Google, dan lain sebagainya.
Gambaran sederhana jika memiliki website bisnis
Bayangkan jika Anda masih menggunakan metode tradisional dalam berbisnis, maka jangkauan yang akan Anda dapatkan sangatlah kecil dibanding Anda memperluas informasi bisnis yang Anda miliki melalui internet.
Misalnya, jika Anda berbisnis menggunakan ruko dan terletak pada lokasi tertentu di daerah Anda. Maka, orang-orang yang melintasi ruko tersebut saja yang akan mengenal bisnis Anda.
Tetapi, bayangkan jika bisnis Anda memiliki ruko, memiliki karyawan, dan dipasarkan secara digital. Maka jangkauan bisnis Anda akan menjadi lebih luas untuk dijangkau oleh banyak orang.
Oleh sebab itu, jika Anda pelaku bisnis, sebaiknya mulai scale up bisnis Anda secara digital.
Hal itu akan memberikan peluang lebih besar untuk bisnis Anda, dibandingkan Anda melakukan metode tradisional dalam berbisnis.
Dan website adalah media informasi dan promosi yang dapat Anda gunakan layaknya ruko, untuk di sebarkan melalui internet.
Keuntungan membuat website bisnis
Keuntungan dengan membuat website bisnis adalah tentu biaya cost akan jauh lebih murah dibandingkan Anda menyewa ruko dipinggir jalan selama satu tahun penuh.
Dengan website Anda hanya akan dikenakan biaya berlangganan setiap tahun, dan itu setara dengan harga sewa ruko dalam satu bulan.
Di lain sisi, informasi bisnis yang Anda miliki dapat dimuat dan ditampilkan pada halaman website bisnis yang Anda miliki.
Hal itu akan mempermudah calon konsumen menemukan banyak informasi pada website bisnis yang Anda miliki, tanpa harus banyak bertanya kembali.
Keuntungan lain jika membuat website bisnis, website Anda akan aktif selama 24 jam untuk diakses oleh siapa saja dan dimana saja selama mereka terkoneksi dengan internet.
Itu sama saja, Anda sedang menyebarkan browsur atau sales secara online dalam bentuk website.
Di lain hal, bisnis Anda akan semakin terpercaya dengan tingkat kredibiltas tinggi dimata calon konsumen. Oleh sebab itu, tidak heran jika sebuah perusahaan atau bisnis mulai memiliki website sebagai media informasi bisnis mereka.
Bahkan seorang penjual nasi goreng, ayam bakar, tukang service ac, jasa sewa kendaraan, jasa sewa kost, dan lain sebagainya mulai membuat website agar mudah ditemukan oleh para calon konsumen mereka.